Pengertian Software

Pengertian software dalam bahasa Indoensia adalah perangkat lunak. Software adalah bagian tidak terpisahkan dalam perangkat keras atau hardware. Pengertian software secara umum dapat diartikan sebagai sekumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program atau instruksi untuk menjalankan dan mengeksekusi suatu perintah. Dalam sebuah komputer, software bisa diibaratkan sebagai jiwanya komputer. Tanpa adanya software, sebuah komputer hanyalah seonggok barang mewah yang tidak mempunyai fungsi.

Software adalah perangkat yang ada di dalam komputer yang tidak dapat kita sentuh dan tidak pula dapat kita lihat bentuk fisiknya. Namun, software ini dapat kita operasikan saat kita menggunakan komputer atau media elektronik lainnya. Maka dari itu, tidak berlebihan jika software adalah program yang menjalankan atau program yang dengannya, kita bisa mengatur jalannya komputer. Sedangkan hardware secara gampangannya merupakan perangkat keras yang dapat kita lihat dan kita sentuh, contohnya yaitu, mouse, keyboard, printer, dll.

Jenis Software

Fungsi Software adalah sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Melalui software inilah, bahasa manusia diterjemahkan kedalam bahasa mesin, sehingga kita bisa mengatur mesin komputer dengan mudah. Software atau perangkat lunak bisa kita golongkan menjadi 3 macam. Macam-macam software tersebut antara lain;

Sistem Operasi (contohnya, Microsoft Windows, Mac OS, Linux, dll). Pembahasan mengenai sistem operasi ini bisa anda temukan di artikel yang pernah kita ulas sebelumnya.

Program Aplikasi (contohnya, Microsoft Office, Open Office, Adobe Photoshop, dll). Program aplikasi ini secara umum hanya bisa di pasang (di install) dalam sebuah komputer yang telah memiliki sistem operasi.

Software Pemrograman (yakni Bahasa pemrograman Pascal, visual Basic, Delphi, dll). Software pemrograman adalah software yang dapat kita gunakan untuk membangun software lain. Dengan kata lain, ini seperti mesin yang tujuan penggunaannya adalah untuk membuat mesin yang lainnya.

Selain penggolongan software tersebut diatas, kita juga bisa menggolongkan software menurut cara pendistribusiannya. Macam-macam software menurut pendistribusiannya adalah sebagai berikut;

1. Software berbayar

Software berbayar adalah software yang dibuat untuk tujuan komersil, maksudnya, jika kita ingin menggunakannya, maka kita harus membayar sejumlah uang. Software ini mungkin juga disebut sebagai paid software. Contoh dari software berbayar, yaitu: Microsoft Windows, Microsoft Office, Adobe Photoshop, Corel Draw, dan lain-lain. Dengan kata lain, anda perlu mengeluarkan uang untuk membeli jenis software ini.

2. Software Open Source

Software Open Source adalah software yang bisa kita otak-atik dan kita kembangkan menurut kreatifitas kita. Pada jenis software ini  biasanya ada komunitas yang saling mendukung untuk berbagi pengalaman dalam mengutak-atik dan tentunya dengan tanggung jawab atas apa yang dilakukan. Salah satu ciri dari dari Software  Open Source adalah Gratis.

3. Shareware

Ada beberapa kemungkinan dalam pendistribusian Shareware ini. Shareware umumnya merupakan program yang didistribusikan dengan batas tertentu, bila ingin mendapatkan fitur-fitur lebih, maka kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayarnya.

Atau bisa juga digunakan untuk evaluasi terhadap suatu produk untuk menambahkan fitir-fitur tertentu yang lebih baik lagi. Shareware bisa juga sebagi bahan uji coba ketika kita ingin membeli suatu software, jika kita merasa cocok maka kita tidak akan ragu lagi membelinya.

4. Freeware

Freeware adalah software gratis, sesuai dengan arti kata free itu sendiri. Freeware merupakan software yang dapat kita download atau kita perloleh secara gratis, tanpa harus membeli. Meskipun demikian, terkadang ada beberapa pengembang software gratis yang menyertakan persyaratan tertentu.

Nah sampai di sini apakah ada pertanyaan? Jika ada, anda bisa tulisa di bagian form komentar dibawah ini. Harapannya dari informasi diatas, anda bisa mengetahui lebih jauh mengenai pengertian software.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda
pengertian software (6740), pengertian perangkat lunak (1184), definisi software (417), artikel software (292), pengertian sofware (232), arti software (172), pengertian perangkat lunak internet (171), pengertian software internet (150), software adalah (137), pengertian softwere (131)

Tags: definisi perangkat lunak, definisi software, fungsi software, jenis software, macam software, pengertian perangkat lunak, pengertian software, perangkat lunak, software

Comments are closed