Sejarah Email

Bagi anda yang sudah mengetahui pengertian email, barangkali ingin mengetahui tentang sejarah email. Sejarah email yang saya dapatkan dari salah satu artikel adalah bahwa email sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum ada. Lantas bagaimana email terkirim jika tidak ada internet, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan. Jaringan komputer ini tampaknya sudah cukup untuk membuat email terkirim dalam jaringan tersebut.

Konsep email  pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, pada tahun 1971. Ray Tomlinson adalah seorang enginer komputer yang pada saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.

Awalnya Ray Tomlinson bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer. Dengan program ini orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan.

Tomlinson melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Dari situ muncul istilah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”. Jika anda lihat, itu merupakan susunan huruf bagian atas dari keyboard QWERTY standard.

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at”. At adalah bahasa inggris yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia menjadi ‘pada’.

Contoh alamat e-mail:

samad01@yahoo.com

samad01: nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver

yahoo.com: nama mailserver tempat pengguna yang dituju.

Sebuah alamat e-mail terdiri atas dua bagian seperti contoh di atas, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id (samad01), yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambang @ (yahoo.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.

Mulai tahun 1980-an surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh orang umum. Menurut salah satu artikel, saat ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi. Hal ini mengindikasikan bahwa sejarah email ada kaitannya dengan penurunan penghasilan dari perusahaan pos.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda
sejarah email (674), SEJARAH E-MAIL (141), sejara email (45), sejarah tentang email (18), kapan email pertama kali terkirim (5), SEJARAH E MAIL (4), kapan email terkirim pertama kali (4), artikel tentang pengertian email (4), pengertiaan mail server (2), sejarah email wikipedia (1)

Tags: alamat email, domain, mailserver, penemu email, sejarah email, user id, username, yahoo

Comments are closed