Pengertian RAM

RAM komputer

Pengertian RAM adalah memori akses acak. Jika terasa aneh, anda tidak keliru, karena pengertian RAM yang barusan adalah diterjemahkan secara bebas dari singkatan RAM itu sendiri. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Fungsi RAM secara sederhana adalah sebagai media simpan sementara yang digunakan hanya saat computer menyala. Dalam artikel sebelumnya mengenai memori kita sudah membahas secara sekilas bahwa RAM adalah termasuk memori yang bersifat sementara / temporer. Fungsi RAM berguna untuk mempercepat proses kinerja computer.

Mungkin anda bertanya-tanya, Bagaimana memory RAM membantu mempercepat kinerja computer?

Jawabannya adalah karena RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara bagi computer untuk menyimpan data-data yang mudah diambil sehingga dapat mempercepat proses loading data dan program yang sering diakses.

Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa pada RAM ada kata ‘Random’ ( acak) nya? Apanya yang acak?

Penjelasannya adalah karena data di RAM dapat diakses secara acak di lokasi manapun. Dengan demikian, ketika sistem komputer mengakses data dari RAM lebih cepat daripada mengakses data dari Hard disk Drive. Oleh karenanya jumlah RAM yang banyak akan mempercepat kinerja computer. Semakin besar kapasitas RAM, kemampuan daya tampung data temporer ini semakin banyak, maka kecepatan computer secara keseluruhan pun meningkat.

Apalagi, kecepatan RAM dibandingkan HDD sangat jauh. Gampangannya begini, satuan pengukurannya saja beda. Kecepatan akses dari HDD diukur dengan milidetik, sementara kecepatan akses RAM diukur dengan satuan nanodetik, sepermilyar detik. Sehingga, keberadaan RAM akan mempercepat kinerja komputer dalam memproses data atau perintah tertentu.

Bentuk RAM secara fisik adalah rangkaian elektronik semacam chip. Untuk memasang RAM ke komputer adalah dengan memasukannya ke bagian slot RAM (ada yang menyebut sebagai bank) di motherboard / mainboard. Jenis slot RAM ini berbeda-beda tergantung pada jenis RAM-nya.

Jenis – Jenis RAM

Jenis-jenis RAM atau macam-macam RAM ada beberapa. Hal ini sama seperti komponen-komponen di komputer lainnya yang juga mempunyai banyak tipe dan versi. Jenis-jenis RAM atau macam-macam tersebut antara lain sebagai berikut:

1.    EDO RAM

EDO RAM adalah singkatan dari Extended data out random access memory. Ini merupakan jenis RAM yang banyak digunakan pada generasi komputer Pentium 100 dengan kecepatan clock 50 MHZ. Jumlah pin EDO RAM adalah 72 pin / kaki.

2.    SDRAM

SDRAM adalah singkatan dari Synchronous Dynamic Random Acceess Memory. SDRAM adalah tipe RAM yang memiliki kemampuan untuk ‘balancing’ kecepatan clock processor. Jika kecepatan clock RAM dan processor sama, maka sistem komputer akan berjalan seimbang karena aliran data diantara keduanya berjalan lancar. Jumlah pin SDRAM adalah 168 pin. Jenis RAM ini banyak digunakan pada generasi Pentium II dan III.

3.    DDR RAM

DDR RAM adalah singkatan dari Double Data Rate Random Access Memory. DDR RAM biasa disebut dengan sebutan DDR saja atau daya dong rendah atau deodoran. Jenis RAM ini merupakan teknologi lanjutan dari SDRAM. Jumlah pin DDR RAM adalah 184 pin, namun begitu, ada pula sumber yang menyebutkan bahwa DDR ini memiliki beberapa variasi yang terkadang memang membingungkan user. Varian DDR ini dibedakan berdasarkan jumlah pin-nya, yakni;

  • 100 pin
  • 172 pin
  • 184 pin
  • 200 pin

4.    DDR2 RAM

DDR2 RAM adalah singkatan dari Doubel Data Rate generation 2 Random Access Memory. Biasa disebut sebagai DDR2 saja.Jumlah pin DDR2 yang paling lazim dijumpai adalah 240 pin. Meskipun begitu ada pula yang memiliki 200 dan 244 pin. DDR2 mulai digunakan pada generasi pentium D, Dual Core dan Core 2 Duo.

Keunggulan   dari DDR2 bukanlah terletak pada kecepatannya, Sebuah sumber mengatakan bahwa kita bisa menjalankan DDR2 dengan kecepatan yang lebih rendah namun dengan performa yang lebih baik dibandingkan DDR sehingga konsumsi daya lebih hemat dan tidak cepat panas.

5.    DDR3 RAM

DDR3 RAM adalah singkatan dari Doubel Data Rate generation 3 Random Access Memory. Biasa disebut sebagai DDR3 saja. Jenis RAM ini merupakan kelanjutan DDR2. Kecepatan clock DD3 adalah 2 kali dari DDR2. DDR3 banyak digunakan pada generasi pentium Core 2 Quad dan Core i7.

6.    RDRAM

RDRAM adalah singkatan dari Rambus Dynamic Random Access Memory.Tipe RAM ini menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan Rambus dengan kemampuan pengolahan yang  berbeda dengan SDRAM dan DDR RAM. RDRAM menggunakan penutup alumunium yang berguna untuk melindungi dari panas yang berlebihan. Jumlah pin RDRAM adalah 184 pin. Beberapa sumber menyebutkan bahwa RDRAM sudah jarang digunakan karena harganya yang mahal dan kemampuanya sudah disamai oleh DDR dan DDR2.

7.    SODIMM RAM

SODIMM RAM adalah singkatan dari Small Outline Dual Inline Memory Module Random Access Memory. Jenis memori ini digunakan untuk memori notebook atau memori laptop. SODIMM RAM memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan DDR/DDR2 dan konsumsi daya yang juga rendah.Jumlah pin SODIMM RAM ada 2 macam, yakni 72 pin dan 144 pin. Pada dasarnya, teknologi SODIMM RAM dengan DDR/DDR2 adalah sama. Yang membedakan hanyalah ukurannya yang lebih kecil.

Untuk menentukan kebutuhan RAM di komputer, kita perlu mengetahui terlebih dahulu spesifikasi RAM yang ada di motherboard / motherboard kita. ini dapat kita lihat langsung slotnya, atau membaca buku panduan / manual ketika membeli mainboard / motherboard.  Misalnya:

  • 4×184-pin DDR PC-2100, Max 4 GB
  • 3×184-pin DDR PC-3200, Max 3 Gb

Di contoh pertama berarti motherboard bisa mengakomodasi 4 chip dengan jenis DDR dengan variasi kecepatan PC-2100 dan totalnya maksimal 4GB. Di contoh kedua, jumlah maksimal 3 chip, dengan tipe PC-3200 dengan jumlah total maksimal 3GB.

Keunggulan lain dari tipe DDR atau DDR2 adalah sifatnya yang kompatibel dengan kecepatan di bawahnya, selama jumlah pinnya sama. Misalnya Anda punya PC-2700, Anda bias memasukkannya ke PC-2100 selama jumlah pin-nya cocok. Namun PC-2700 tidak akan kompatibel dengan PC-2100.

Beberapa informasi yang saya himpun menyebutkan bahwa jumlah keeping chip RAM yang ideal untuk sebuah komputer adalah sesuai dengan keterangan yang tertera pada buku manual. Karena jika kita memberi memory lebih dari yang disarankan, ini bisa membuat komputer error. Kalaupun tidak error, komputer akan membacanya sebatas jumlah yang disarankan. Tentu pemasangan RAM seperti ini dalah hal yang mubadzir.

Selain itu ada batasan pemasangan RAM dalam hal sistem operasi yang digunakan. Misalnya untuk  Windows XP maksimal adalah 4GB. Sedangkan untuk Windows 7, variasi RAM adalah seperti berikut:

  • Starter = 8 GB maksimal
  • Home Basic = 8 GB maksimal
  • Home Premium = 16 GB maksimal
  • Professional = 192 GB maksimal
  • Enterprise= 192 GB maksimal
  • Ultimate = 192GB maksimal

Dengan demikian harapannya kita bisa tidak bingung lagi ketika membeli RAM untuk kebutuhan komputer kita. Dan tentunya selain itu juga kita jadi lebih mengerti mengenai pengertian RAM yang sudah kita bahas panjang lebar diatas.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda
pengertian ram (1377), apa itu RAM (828), definisi ram (598), arti komputer (444), ram adalah (365), Kapasitas RAM (364), singkatan ram (336), fungsi rAM (156), apa yang dimaksud dengan ram (123), apa yang dimaksud ram (120)

Tags: DDR, DDR RAM, DDR2, DDR3, EDORAM, hard disk, jenis RAM, jumlah pin RAM, kapasitas RAM, kecepatan RAM, macam RAM, mainboard, memori, memory, motherboard, pin RAM, RAM, RDRAM, SDRAM, SODIMM RAM, tipe RAM, varian RAM

Comments are closed