Pengertian Program

Pengertian program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar menjalankan tindakan tertentu. Tanpa program, komputer sesungguhnya tidak dapat berbuat apa-apa. Hanya seonggok mesin kosong tiada daya dan upaya. Hehe.

Program adalah salah satu bagian dari beberapa aspek penting dari sebuah komputer. Mungkin ada orang yang berpendapat bahwa komputer mencakup tiga aspek penting. Komponen tersebut antara lain sebagai berikut;

  1. perangkat keras (hardware),
  2. perangkat lunak (software) yang dalam hal ini berupa program,
  3. perangkat akal (brainware) atau orang yang berperan dalam operasi komputer maupun pengembangan perangkat lunak (operator).

Dengan kata lain,program adalah salah satu bagian penting pada komputer yang mengatur komputer agar melakukan aksi yang dikendalikan oleh pengguna komputer. Orang yang membuat program biasa disebut pemrogram, atau dalam bahasa kerennya disebut sebagai programmer. Sedangkan aktivitasnya, aktivitas pembuatan program dinamakan pemrograman atau programing.

Pengertian program tidak lengkap jika tidak mengulas bagaimana program ditulis. Suatu program ditulis dengan mengikuti kaidah bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman dapat dianalogikan sebagai bahasa yang digunakan untuk bercakap-cakap atau berbicara kepada mesin komputer. Hai komputer, kamu harus begini, kamu harus begitu dan seterusnya. Namun tentu kita tidak bisa melakukan hal tersebut kepada komputer, baik karena mungkin teknologi saat ini belum bisa mensupport komunikasi langsung antara manusia dengan mesin, juga karena akan terlihat aneh jika kita bicara pada komputer. Apalagi kalau komputer tersebut mati, hehe.

Kembali ke soal pengertian program, kumpulan instruksi dalam bahasa manusia yang berupa sejumlah kalimat merupakan inti dari program itu sendiri. Tentu setiap bahasa program memiliki kaidah tersendiri. Manusia dapat mengerjakan suatu instruksi berdasarkan kalimat-kalimat dan komputer dapat menjalankan suatu instruksi menurut program. Barangkali, baris-baris intruksi inilah yang sering disebut sebagai script program. Sehingga, saya berharap anda sudah mengerti mengenai pengertian program menurut versi saya ini. Lagipula, saya membuka pintu komentar bagi anda yang ingin mengkoreksi pengertian program yang telah saya sampaikan diatas, karena barangkali saya keliru.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda
pengertian program (189), pengertian program internet (80), definisi program (31), pengertian program web (19), pengertian pemrograman web (12), pengertian pemrograman internet (11), program komputer (2), Pengertian dari program event drive (2), Kumpulan Instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer disebut (2), Kumpulan Instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer (1)

Tags: definisi program, pengembang software, pengertian program, program, program developper, programmer, programming, script, software

One Comments

  1. roji says:

    klo pnertian program scra luas_y apa..?