Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat jaringan komputer adalah alat-alat yang digunakan agar kita bisa membagi file di komputer Kita agar bisa dishare di komputer lain.Atau jika kita ingin membagi printer di jaringan sehingga bisa diakses dan dimanfaatkan oleh komputer lain. Tentu hal ini agar printer bisa digunakan untuk mencetak dari berbagai komputer yang terhubung dengan jaringan.

Nah yang harus dipersiapkan adalah komponen-komponen perangkat jaringan komputer dan kemudian membuat jaringan komputer  yang menghubungkan komputer-komputer yang ingin digabungkan tersebut.

Menghubungkan komputer  dalam satu jaringan komputer menurut sebagian orang mungkin mudah namun bagi orang lain mungkin sulit. Namun semua sistem operasi memiliki wizard-wizard yang membantu Kita melakukannya dengan  sangat  simpel  dalam menghubungkan jaringan komputer.Yang pasti harus Kita lakukan adalah menyiapkan hardware untuk melakukan hubungan jaringan komputer.

Jenis jaringan komputer yang bisa kita temui ada bermacam-macam. Dan tiap tipe jaringan komputer itu membutuhkan hardware yang berbeda-beda pula. Tipe jaringan komputer paling umum adalah tipe jaringan berkabel di mana Kita harus menyiapkan beberapa hardware.

Perangkat jaringan komputer, antara lain kabel Ethernet (UTP) dan untuk tiap komputer harus dipersapkan sebuah kartu jaringan atau NIC/Network interface card. Jika kita ingin menghubungkan lebih dari satu komputer di jaringan komputer, maka diperlukan perangkat lagi yang disebut hub atau switch.

Hub atau switch ini adalah bagian sentral yang menghubungkan semua komputer di jaringan. Selain teknologi jaringan berkabel, tipe jaringan yang cukup terkenal sekarang ini adalah tipe jaringan wireless.

Tipe jaringan komputer wireless ini menggunakan sinyal radio frequency (RF untuk mengirim data dari satu komputer  ke komputer lainnya. Hardware yang perlu Kita siapkan adalah wireless router dan kemudian menambahkan kartu jaringan wireless di tiap komputer yang akan terhubung ke jaringan komputer. Jadi perangkat jaringan komputer tersebut harus ada sebelum komputer bisa terhubung.

 

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda
perangkat jaringan komputer (139), makalah perangkat jaringan komputer (44), perangkat jaringan internet (35), artikel perangkat jaringan komputer (34), perangkat jaringan (29), komponen perangkat jaringan komputer (22), komponen jaringan internet (20), piranti untuk membangun jaringan komputer yang tersambung internet (19), makalah perangkat jaringan (18), pengertian perangkat jaringan (16)

Tags: jaringan komputer, jaringan komputer wireless, Perangkat Jaringan Komputer, perangkat komputer, sistem operasi jaringan, tipe jaringan komputer, tipe jaringan wireless

Comments are closed