Pengertian WWW

Pengertian WWW barangkali menjadi salah satu hal yang menggelitik dalam benak kita sejak mengenal dunia internet. Kata www ini barangkali sering kita temui ketika kita mengakses internet. Bagaimana tidak, ketika kita hendak membuka google, misalnya,  beberapa diantara kita mungkin perlu mengetikkan “www “diikuti dengangoogle.com”. Meskipun kita bisa mengetikkan google.com secara langsung dan menghasilkan hal yang sama dengan ketika kita menggunakan www, namun barangkali kita tidak mengetahui pengertian www itu sendiri. Jadi, apa arti WWWitu ?

pengertian www

pengertian www

Terdapat beberapa versi dalam mendefinisikan pengertian www . Artikel ini akan mengulas mengenai berbagai pendapat mengenai pengertian www itu sendiri. Kita mulai dari pendapat pertama yang menerangkan bahwa pengertian www adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai pengenal global untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. Pengenal global ini disebut sebagai Uniform Resource Identifier (URI).  Dalam pendapat ini kita juga bisa menemukan bahwa adanya kefahaman bahwa WWW sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan. Meskipun demikian www sebenarnya hanyalah bagian dari internet itu sendiri.

Pendapat pertama mengenai pengertian www diatas terasa cukup berat dan sulit dipahami, kalau tidak boleh disebut sebagai membingungkan. Oleh karenanya, berikut ini terdapat pendapat kedua yang mendefinisikan pengertian www. Pendapat kedua ini menerangkan pengertian WWW sebagai salah satu fasilitas di internet yang menawarkan berbagai kecanggihan dan kemudahan. Pendapat kedua ini lebih mudah dipahami namun demikian lebih dangkal dalam hal menjabarkan pengertian www. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas mengenai www, kita dapat mempelajarinya dari singkatan www atau lebih tepatnya kepanjangan www.

Singkatan WWW

Beberapa diantara kita mungkin lebih suka untuk bertanya apa singkatan www, padahal yang sebenarnya lebih tepat adalah apa kepanjangan www. Kepanjangan www adalah world wide web. Tentu kita tahu bahwa inin adalah bahasa inggris. jika kita terjemahkan secara kasar, maka pengertian world wide web ini adalah ‘jaringan dunia raya’.

Namun begitu ada pula salah satu literatur yang cukup menggelitik yang mengatakan bahwa www adalah kepanjangan dari Waring Wera Wanua. Mengapa menggelitik? Karena bukannya mempermudah pemahaman kita dalam mengetahui pengertian www,  namun ini justru menjadi blunder yang menambah kerumitan kita dalam memahami pengertian www. Memang dalam singkatan lainnya, kita mengenal singkatan “ATM” yang aselinya merupakan singkatan automatic teller machine, menjadi lebih mudah ketika di jelaskan sebagai singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri. Karena kata “anjungan”, kata “tunai” dan kata “mandiri” adalah hal yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Tapi “waring wera wanua”? “Plis deh” saya rasa tidak.

Jadi menurut saya pendapat saya (sekali lagi pendapat saya), alangkah lebih nyamannya jika kita tidak menggunakan singkatan terjemahan tersebut. Setidaknya tidak untuk saat ini, agar kita tidak kebingungan dalam memahai pengertian www.

Sejarah www

Dari berbagai sumber yang berceceran di internet, kita bisa mengetahui bahwa sejarah www berasal dari suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Saya pribadi belum mengkonfirmasi informasi ini, namun dari artikel yang saya baca, awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, World Wide Web sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

Fungsi www

Fungsi WWW adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW diciptakan dengan tujuan untuk menyediakan suatu bentuk penyediaan informasi di internet yang menungkinkan pemakai intenet mendapatkan dan menampilan informasi di mana saja  di internet secara mudah dan cepat.

Jika kita pelajari lebih lanjut, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di server web. Dan sebagai tambahan informasi, server tersebar di hampir semua benua di dunia. Di indonesia pun kita juga mempunyai server internet.

Dokumen-dokumen tersebut dibuat di disimpan dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain, misalnya suara, video, gambar dll. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut sebagai link atau dalam terjemahan indonesianya disebut sebagai pranala. (NB: meskipun demikian kata link lebih populer daripada kata pranala, sebagaimana kata ‘edit’ lebih populer daripada kata ‘sunting’).

Dokumen www

Dokumen di WWW sebagaimana telah disebutkan di muka merupakan suatu dokumen yang disusun dengan format HTML atau Hipertex Text Markup Language. Untuk mengakses dan menampilkan dokumen WWW tersebut, pemakai internet harus menggunakan program atau aplikasi  yang disebut sebagai web browser. Pembahasan mengenai browser ini sudah kita ulas pada artikel sebelumnya. Jadi jika anda ingin memperkaya pengetahuan anda mengenai pengertian www ini, anda bisa membaca artikel tambahan mengenai pengertian browser.

Kesimpulan pengertian www

Tidak dipungkiri bahwa WWW adalah bagian yang cukup menarik dari internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, video, suara dan lain-lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian WWW adalah sekelompok dokumen yang saling bertautan. Para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya dengan mudah dengan link. Semoga artikel diatas dapat membantu anda, saya menyarankan anda untuk melakukan kajian lebih lanjut sebelum menggunakan informasi mengenai pengertian www yang saya sajikan diatas sebagai rujukan.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda
pengertian www (7096), fungsi www (853), kepanjangan www (803), Arti www (560), pengertian world wide web (407), Singkatan dari www (371), singkatan www (367), kepanjangan dari www (317), www singkatan dari (310), www adalah (264)

Tags: arti www, dokumen www, fungsi www, internet, kepanjangan www, pengertian world wide web, pengertian www, sejarah www, singkatan www, world wide web, www

Comments are closed