Pengertian Power Supply

Power supply adalah suatu alat yang mempunyai fungsi sesuai dengan namanya. Power berarti daya dan supply berarti penyedia. Saya pribadi pernah mengingat bahwa ketika sekolah dulu, ada juga yang menyebut power supply sebagai sebuah ‘catu daya’. Ya, sebuah komponen yang berfungsi untuk memberi catu daya atau mensuplai daya.

Dalam dunia komputer, power supply barangkali mengacu pada penggunaan istilah Power Supply Unit (PSU). Fungsi power supply adalah tegangan listrik (misalnya listrik rumah) agar bisa digunakan oleh komputer. Barangkali umumnya dengan mengubah arus listrik ACX menjadi listrik DC. Besarnya listrik yang mampu ditangani power supplyditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt. Barangkali karena hal inilah ketika kita membeli sebuah casing komputer, kita perlu bertanya berapa watt dari power supplynya. Boros atau tidak. Jadi Secara umum Fungsi Power Supply adalah untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan komputer.

Kualitas Power supply juga menentukan kinerja atau setidaknya umur dari komponen komputer. Power supply yang menghasilkan tegangan DC tidak rata dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada komponen komputer, misalnya Harddisk.

Pendingin power supply adalah salah satu komponen penting. Biasanya pendingain ini minimal berupa sebuah kipas. Bagian belakang dari power supply mungkin terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik. Sedangkan pada bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian didalam CPU atau motherboard / mainboard. Nah dari sini semoga pengertian power supply diatas dapat berguna.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda
pengertian POWER SUPPLY (14), pengertian power suplay (5), pengertian Siplesples (2), fungsi power supply (2), pengertian power supply komputer (2), alat pendingin dc powor suplay (1), pengetian dan funsi dari power supply (1), pengertian fungsi dan kinerja power supply (1), pengertian dari power supply (1), pengertan powersupray (1)

Tags: Power Supply

Comments are closed