Pengertian Monitor

Pengertian monitor secara singkat adalah layar komputer. Tentu jika istilah monitor dikaitkan dalam konteks komputer. Dalam konteks lain, mungkin monitor bisa berarti pengawasan dan memonitor bisa berarti mengawasi. Namun karena konteks kita adalah komputer, sehingga pengertian monitor adalah terbatas pada ranah komputer. Istilah monitor yang diyakini berasal dari bahasa inggris umunya dipersepsikan sebagai sebuah kotak layar yang dapat menampilkan informasi pada sebuah komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan untuk menilai kemampuan grafis.

pengertian monitor

pengertian monitor

Jenis – Jenis Monitor

Jenis monitor ada berbagai macam, tergantung dari cara kita untuk menggolongkan monitor. Misalnya dari teknologinya, ada monitor LCD, monitor LED, monitor Plasma dan monitor CRT. Monitor CRT adalah monitor yang biasa disebut sebagai monitor tabung. Singkatan CRT berasal dari kata cathode ray tube.

Penggolongan jenis monitor lainnya misalnya dengan melihat kemampuan dari warna yang dihasilkan monitor tersebut. Jenis monitor menurut warna yang dihasilkan dapat kita sebutkan sebagai berikut;

Monitor Monochrome: Dalam bahasa indonesia mungkin disebut sebagai monitor monokrom. Mungkin kita mengetahui bahwa kata ’mono’ berarti satu. Nah dalam monitor monokrom ini warna yang ditampilkan hanyalah satu. Misalnya hijau saja (seperti di film matrix). Tentu saja warna dasar (hitam) tidak di hitung. Namun bagi yang menghitung hitam sebagai warna pada monitor monokrom, tentu akan rancu dengan istilah monokrom (lha wong disebutnya monitor 1 warna kok warnanya 2) tentu kalau disebut memiliki 2 warna, harusnya monitor itu disebut sebagai monitor duokrom. Sehingga pendapat bahwa monitor monokrom adalah 2 warna saya kira tidak valid.

Monitor Gray-scale : Monitor Gray Scale adalah monitor adalah jenis monitor yang dapat menampilkan gradasi warna. Ada pula sebuah sumber yang mengatakan bahwa ini adalah jenis monitor yang menampilkan warna gradasi namun hanya 1 warna saja. Adapun contoh warna gradasi adalah seperti ini;

grayscale

grayscale

Monitor Berwarna: Sesuai dengan namanya, monitor berwarna adalah jenis monitor yang dapat menampilka bermacam-macam warna. Monitor berwarna mungkin disebut juga sebagai monitor color ijo. Monitor Color biasanya memiliki minimal 16 warna, ada pula yang memiliki jutaan warna.

Dari penjelasan jenis monitor diatas, salah satu aspek penting dalam memahami pengertian monitor adalah ukuran screen dari monitor. Seperti sebuah televisi, ukuran layar adalah perbandingkan lebar dalam satuan inch (inchi), satuan rumit yang dipakai di Amerika. Ukuran monitor ini biasanya di tentukan dengan mengukur jarak antara satu sudut dengan sudut lainnya yang berseberangan.

Jenis monitor juga bisa digolongkan dari Resolusi monitor. Resolusi monitor mengidentifikasikan seberapa padat pixel yang ada pada satu ukuran tertentu. Dengan kata lain, ini adalah ukuran jumlah pixel pada sebuah monitor. Semakin banyak pixel biasanya semakin tajam gambar yang dapat ditampilkan.

Saat ini, monitor sudah dapat menampilkan hingga 1024. Bahkan sebagian monitor high end dapat menampilkan 1289 hingga 1024, atau bahkan 1600 hingga 1200 pixel.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menggolongkan monitor adalah dengan berdasarkan istilah pada tipe sinyal yang diterima oleh monitor tersebut, apakah itu analog ataukah digital. Monitor analog adalah monitor yang menerima sinyal analog yang diindikasikan dengan perlunya penggunaan VGA, SVGA, 8514/A dan beberapa resolusi pewarnaan standar lainnya.

Ada pula jenis monitor multiscanning. Ini adalah jenis monitor yang secara otomatis menyesuaikan pada frekwensi sinyal yang mereka terima.

Kualitas Monitor

Ada beberapa hal yang menentukan atau mempengarui kualitas sebuah monitor. Faktor-faktor tersebut antara lain;

1.       Bandwidth

Bandwidth adalah jarak frekwensi sinyal yang dapat di atasi oleh monitor. Hal ini di tentukan dari seberapa banyak data yang dapat di proses, dan selain itu sebebrapa cepat monitor tersebut dapat memproses resolusi yang tinggi.

2.       Refresh rate

Refresh rate adalah frekuensi “refresh” dari sebuah monitor. Untuk menghindari adanya kejapan, maka proses refresh setidaknya harus 72 Hz.

3.       Jenis Interlacing

Interlacing adalah teknik yang dapat dilakukan oleh monitor untuk memiliki resolusi yang lebih, tetapi hal itu dapat mengurangi kecepatan reaksi pada monitor.

4.       Dot pitch

Dot pitch adalah jumlah ruang antara pixel. Semakin kecil dot pitch, maka akan semakin tajam warna yang dihasilkan.

5.       Convergence:

Convergence adalah tingkat kejernihan dan ketajaman akan setiap pixel pada sebuah monitor.

Jadi pengertian monitor adalah salah satu hardware yang digunakan sebagai output video sebuah komputer. Dan karena kegunaannya tersebut maka keberadaan monitor pada sebuah komputer adalah tidak terpisahkan. Di satu sisi monitor sebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan komputer dan di sisi lain, komputer juga sulit digunakan tanpa ada monitor, maka dari itu saya harap anda paham akan pengertian monitor.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda
yhs-fh_lsonsw (317), pengertian monitor (267), definisi monitor (194), pengertian monitor komputer (39), yhs-0001 (35), pengertian resolusi monitor (35), monitor monokrom (33), Pengertian monitor monokrom (30), pengertian monitor dalam bahasa inggris (19), pengertian monitor led (15)

Tags: CRT, definisi monitor, jenis monitor, LCD, monitor, monitor LCD, monitor plasma, monitor tabung, pengertian monitor, pengertian resolusi, pixel, resolusi monitor

Comments are closed