Pengertian Email

pengertian email

pengertian email

Pengertian email atau e-mail dapat kita ketahui dari kepanjangan email itu sendiri. Kata email merupakan singkatan dari Electronic Mail, yang dalam bahasa indonesia memiliki arti ‘surat elektronik’. Mengapa di sebut surat elektronik? Karena Email merupakan sistem yang memungkinkan pesan berbasis teks untuk dikirim dan diterima secara elektronik melalui komputer atau telepon seluler alias HP.

Pengertian email diatas, jika ingin dibuat lebih spesifik menjadi sebagai berikut; email adalah cara pengiriman data, file teks, foto digital, atau file-file audio dan video dari satu komputer ke komputer lainnya, dalam suatu jaringan komputer. Jaringan komputer ini bisa berupa jaringan komputer intranet maupun jaringan komputer internet.

Anda mungkin bertanya-tanya, Bagaimana email dapat dikirim dan diterima antarkomputer? Untuk pengiriman dan penerimaan email ini atau korespondensi antar email, kita biasa menggunakan alamat email.

Alamat Email

Untuk menerima email, kita harus memiliki alamat emil. Seperti yang telah disebutkan dimuka, alamat email diibaratkan sebagai sebuah nomor HP. Hanya saja formatnya tidak angka semua sebagaimana pada nomor HP. Alamat email menggunakan format semacam berikut ini:

namaPemilikatauapapapun@namapenyediaemail.com

Contoh alamat email adalah sebagai berikut:

anak_kecil@yahoo.com

belajar.membaca.alquran@gmail.com

produk_aqiqoh123@artikel2.com

pria.ganteng@gmail.com

Sebagaimana yang anda lihat, alamat email memuat dua identitas yang dipisahkan oleh tanda @. Dibagian kiri tanda @ biasa disebut sebagai username email dan dibagian kanan adalah server atau penyedia dari email tersebut. Username menyatakan identitas pengguna email, sedangkan server menunjukkan identitas dari penyedia layanan email.

Biasanya, bagian username dapat berupa kata-kata, nama, singkatan, atau nomor-nomor tertentu. Namun begitu, biasanya bagian username ini hanya boleh berisi huruf, angka, tanda titik dan tanda underscore. Sehingga tanda spasi, dan karakter-karakter khusus, seperti #,$,%,&,?,<, (, ), dan simbol-simbol lainnya tidak bisa digunakan sebagai alamat email.

Sebagaimana pada nomor HP, ketika kita salah menuliskan alamat email maka email yang kita kirim tidak mungkin sampai. Sebagaimana jika kita salah memencet 1 nomor saja pada HP, maka bisa dipastikan salah sambung.

Layanan email yang tersedia saat ini, yang disediakan oleh berbagai situs di internet pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua kelompok. Yakni layanan email gratis dan layanan email berbayar. Dahulu kala, layanan email gratis memiliki berbagai keterbatasan di sana sini. Sebut saja layanan email gratis dari yahoo, pengguna email gratis mungkin tidak memiliki servis yang sebaik yang diberikan oleh layanan email yahoo berbayar. Ya,  benar. Yahoo memiliki 2 macam tipe akun email, yakni email gratis dan email berbayar. Pada email gratis yahoo jaman dulu, halaman email pemakai biasanya disodori dengan iklan di sana sini. Dari pengalaman pribadi penulis, iklan-iklan ini terkadang kurang nyaman untuk membaca email, karena dengan koneksi internet yang cukup lambat di masa lalu, iklan-iklan ini terkadang menjadi beban dalam proses loading email.

Namun begitu, seiring dengan kemajuan teknologi dan persaingan antar penyedia layanan email, saat ini kita bisa merasakan berbagai layanan istimewa yang disediakan oleh penyedia layanan email yang gratis sekalipun. Sebut saja layanan email gratis dari google yang disebut dengan gmail. Di gmail, penulis merasakan kenyamanan yang mungkin pada jaman dulu hanya bisa dirasakan oleh pengguna email berbayar.

Kelebihan Email

Kelebihan email ada banyak jika dibandingkan dengan surat biasa. Sistem pengiriman email tidak memerlukan amplop dan perangko serta pembuatannya tidak memerlukan pulpen, kertas, maupun tinta seperti halnya surat yang biasanya. Proses berkirim email pun dapat dilakukan dengan sangat cepat ke seluruh dunia sehingga dapat menghemat uang dan waktu dalam berkirim surat. Dengan kemajuan teknologi saat ini, kita bisa mengirim surat dalam beberapa detik ke belahan dunia yang lain. Hal ini mungkin tidak terbayangkan di masa yang lalu.

Selain itu, pengiriman email secara ideal dapat dilakukan dengan mudah setiap saat dan di mana pun kita berada. Tidak heran jika kemudian teknologi email menyebar luas dengan cepat, khususnya untuk keperluan komunikasi dalam dunia bisnis maupun komunikasi lainnya. Apalagi mengingat email tidak menggunakan kertas, pengiriman email cenderung lebih bebas sampah.

Kelemahan Email

Meskipun email memiliki berbagai macam kelebihan seperti yang telah disebutkan tadi, namun email juga memiliki kelemahan. Kelemahan email tersebut antara lain;

Kemungkinan terjadinya terjadinya pemalsuan identitas. Hal ini berkenaan dengan kemudahan proses pembuatan alamat email dapat membuat orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan keadaan ini dengan membuat email beridentitas palsu untuk keperluan-keperluan yang bersifat negatif. Hal ini tentu menjadi dilema, mengingat kemudahan pembuatan email ini juga merupakan kelebihan dari email itu sendiri. Bayangkan jika membuat email seperti membuat KTP, tentu tidak menyenangkan bukan?

Hal lain dari kelemahan email adalah kemungkinan terjadinya penyadapan informasi. Hal ini bisa terjadi  terlebih jika kita menggunakan komputer yang digunakan secara massal misalnya di warnet atau di komputer umum. Jadi penggunaan email lebih aman jika menggunakan komputer pribadi.

Nah dari informasi mengenai pengertian email diatas, saya berharap bahwa anda mendapat tambahan ilmu. Jika anda masih ingin bertanya mengenai pengertian email yang lainnya, anda bisa bertanya di bagian komentar.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda
pengertian email (25666), PENGERTIAN E-MAIL (7712), arti email (1148), pengertian e mail (794), pengertian dari email (508), kepanjangan email (408), arti e-mail (338), definisi email (279), pengertian dari e-mail (250), pengertian electronic mail (239)

Tags: cara membuat email, definsi email, e-mail, email, email gratis, email yahoo, kelebihan email, kelemahan email, membuat email, pengertian email

Comments are closed