Pengertian Memori

Pengertian memori (atau memory) komputer adalah kemampuan untuk mempertahankan data dalam jangka waktu tertentu. Memori komputer berguna untuk menyimpan dan mengirim data untuk diolah di processor. Dalam sistem komputer terdapat dua macam memori, yakni memori tetap dan memori sementara.

Memori tetap adalah sifat dari tempat penyimpanan data yang tidak akan hilang meskipun daya listrik diputus. Sedangkan memori sementara adalah sifat dari tempat penyimpanan data yang akan hilang jika daya listrik diputus.

Memori tetap mungkin disebut juga sebagai non-volatile memory. Sedangkan memori sementara mungkin disebut sebagai volatile memory. Contoh memori sementara adalah RAM. Sedangkan contoh dari memori tetap adalah hardisk. Selain hardisk, CD dan DVD juga termasuk dalam memori tetap karena keduanya dapat menyimpan data meskipun tidak terhubung dengan arus listrik.

Sedangkan pada RAM, data akan hilang begitu listrik dimatikan. Saya belum mengkonfirmasi secara penuh dari contoh kasus berikut ini, namun saya yakin kasus berikut ini adalah contoh yang sangat simpel untuk menjelaskan perbedaan memori sementara dan memori tetap. Jadi, anda perlu melakukan croschek dulu dengan pernyataan saya berikut ini. Syukur2 kalau bisa mengkoreksi atau menambahi, heheh.

Adapun contohnya adalah sebagai berikut, misalnya kita sedang melakukan copy-paste ketika mengetik. Ketika kita sedang melakukan copy dan sebelum kita sempat melakukan ‘paste’ tiba-tiba komputer mati, maka ketika kita menghidupkan komputer lagi, kita tidak akan bisa untuk melakukan aktivitas ‘paste’ dari data yang sebelumnya kita copy, karena data tersebut tersimpan dalam memori sementara. Jadi dengan kata lain, data yang ada dalam memori sementara tersebut akan hilang sepenuhnya, karena listrik padam.

Sedangkan memori tetap adalah apabila kita sempat melakukan penyimpanan dari apa yang kita ketik ke dalam hardisk atau CD atau DVD. Data tersebut akan berada di sana, meskipun kita sudah mematikan komputer kita. Dengan demikian, jelas perbedaan antara memori tetap dan memori sementara. Dan saya harap anda juga paham mengenai pengertian memori atau definisi memori yang telah kita ulas di atas.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda
pengertian memori (1581), pengertian memory (1130), definisi memori (391), pengertian memori komputer (138), definisi memory (83), pengertian memory komputer (53), pengertian dari memori (36), artikel memori (28), makalah memori komputer (22), contoh memori (22)

Tags: definisi memori, hard disk, memori, memory, pengertian memori, RAM

Comments are closed