Pengertian Komputer

Pengertian Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti ‘menghitung’, menurut salah satu sumber yang saya temukan. Menurut sumber yang lainnya, asal kata computer berasal dari bahasa Inggris compute. Meskipun begitu, kedua kata tersebut meskipun berasal dari bahasa yang berbeda mempunyai arti yang sama yakni “menghitung”.

pengertian komputer

Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin luas pula bidang ilmu komputer. Oleh karenanya para pakar dan peneliti mempunyai sedikit perbedaan dalam menjelaskan definisi komputer.

Pengertian komputer atau definisi komputer tersebut jika dijabarkan menurut pendapat para ahli adalah sebagai berikut;

Pengertian komputer 1

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Pengertian komputer tersebut dikemukakan oleh Hamacher .( V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.)

Pengertian komputer 2

Komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:

  • menerima input
  • memproses input tadi sesuai dengan programnya
  • menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  • menyediakan output dalam bentuk informasi

Definisi komputer diatas dikemukakan oleh Menurut Blissmer (Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.)

Pengertian komputer 3

Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. Pengertian komputer diatas dikemukakan oleh Fuori (William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981.)

Pengertian komputer 4

Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.  Definisi tersebut oleh Sanders (1985).

Pengertian komputer 5

Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan. Definisi komputer tersebut menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines (William M.Fouri),

Pengertian komputer 6

Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti. Defnisi komputer tersebut menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis).

Jika ditelusuri lebih jauh lagi, kita mungkin akan menemukan banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan komputer secara berbeda. Namun, secara umum kita bisa menyimpulkan bahwa komputer adalah suatu perangkat elektronik yang dapat

  1. menerima input
  2. mengolah input
  3. memberikan informasi
  4. menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer
  5. dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
  6. serta bekerja secara otomatis.

Dari definisi tersebut terdapat tiga hal penting bagi sebuah komputer. Tiga hal penting ini mewakili keseluruhan fungsi komputer, yaitu;

  1.  input data
  2. pengolahan data
  3. output data.

Untuk melakukan input data pada sebuah komputer, kita bisa menggunakan berbagai alat misalnya: mouse, keyboard, kamera digital, scanner dan lain-lain.

Pada fungi pengolahan data, suatu komputer harus bisa melakukan proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati. Informasi sendiri merupakan hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Jadi sebuah komputer harus bisa melakukan pengolahan data elektronik. Tentu proses pengolahan ini tergantung dari seberapa besar kemampuan software dan hardware yang dimiliki oleh sebuah komputer.

Pada output data, kita mengenal berbagai alat yang dapat digunakan sebagai output data pada sebuah komputer. Contoh perangkat yang paling umum kita jumpai untuk output sebuah komputer adalah printer.

Penggolongan komputer

Dari berbagai hal tersebut, terdapat berbagai literatur yang melakukan penggolongan jenis komputer. penggolongan jenis komputer atau macam komputer tersebut umumnya berdasarkan beberapa hal yakni;

1. Penggolongan komputer berdasarkan data yang diolah,

Berdasarkan data yang diolah, jenis komputer dapat digolongkan sebagai berikut;

  • Komputer Analog
  • Komputer Digital
  • Komputer Hybrid

2. penggolongan komputer berdasarkan  tujuan penggunaannya

  • Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
  • Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)

 3. penggolongan komputer berdasarkan kapasitas/ukurannya

  • Komputer Mikro (Micro Computer)
  • Komputer Mini (Mini Computer)
  • Komputer Kecil (Small Computer)
  • Komputer Menengah (Medium Computer)
  • Komputer Besar (Large Computer)
  • Komputer Super (Super Computer)
4. Penggolongan komputer Berdasarkan Generasinya
  • Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
  • Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
  • Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
  • Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
  • Komputer Generasi Kelima

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi maka mungkin saja pengertian Komputer itu sendiri akan mengalami pergeseran bahkan perubahan sesuai dengan konteksnya pada suatu ketika nanti.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda
pengertian komputer (3792), komputer adalah (555), definisi komputer (497), arti dari komputer (139), pengertian computer (115), pengertian komputer secara umum (112), arti computare (109), yhs-004 (76), pengertian dari komputer (66), arti computer (59)

Tags: computer, definisi computer, definisi komputer, komputer, pengertian computer, pengertian komputer

Comments are closed