Pengertian Hard disk

Hard disk atau hard drive adalah mekanisme untuk menyimpan informasi pada komputer.  Istilah hard disk atau hard drive mempunyai persamaan sebagai tempat untuk meyimpan data. Hard disk atau hard drive dalam bahasa inggris juga mempunyai padanan kata dengan storage device (peranti penyimpanan). Jadi definisi hard disk adalah tempat penyimpanan data yang utama pada sebuah komputer.

Sifat penyimpanan pada sebuah hard disk adalah permanen. Ini berbeda dengan sifat penyimpanan pada RAM yang bersifat temporer. Jadi jika data yang tersimpan pada RAM akan hilang ketika komputer dimatikan, maka data yang tersimpan pada hard disk tidak akan hilang ketika komputer di matikan.

Komponen hard disk secara garis besar ada 3 macam. Yakni;

  • Platter / disk:

Platter / disk merupakan komponen inti dari sebuah hard disk karena di sinilah lokasi menyimpan data. Bentuknya seperti piringan bulat, dan terbuat dari logam. Piringan ini kemudian dilapisi dengan lapisan magnetik yang fungsinya untuk menyimpan data.

  • Head

Head adalah lengan yang bergerak di atas platter/disk dengan alat pembaca pada bagian ujungnya. Jika anda masing ingat jaman tape recorder masih populer, anda mungkin bisa membayangkan head pambaca pita kaset pada sebuah tape recorder.

  • Motor penggerak

Motor penggerak pada hardisk berfungsi untuk menggerakkan lengan sehingga dapat bergerak ke lokasi tertentu pada platter / disk tempat data tertentu di simpan. Lokasi tempat data tertentu ini di simpan disebut sebagai sektor sektor pada hard disk.

Komponen lainnya yang tidak kalah penting adalah casing logam yang berfungsi untuk membungkus komponen platter pada hard disk agar tertutup dan terlindung dari debu dan partikel lainnya yang dapat menggangu kinerja hard disk. Debu dan partikel kecil penggangu bukan hal yang sepele bagi platter hard disk. Karena platter berputar dengan kecepatan tinggi dan jarak antara platter dengan head sangat rapat. Sehingga debu atau kotoran yang tak kasat mata saja bisa merusakkan platter dan head sekaligus.

Dalam memilih hard disk, adabeberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa hal tersebut antara lain kcepatan putar hard disk (RpM), besarnya memori internal (buffer memory) dan interface atau antarmuka yang dimiliki. Kecepatan putar pada motor hard disk bervariasi, mulai dari 5400RpM, 7200 RpM bahkan ada pula yang lebih tinggi dari itu.

Interface hard disk juga bervariasi. Interface yang cukup umum saat ini adalah IDE ATA dan Serial ATA (SATA).Serial ATA memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibandingkan IDE ATA 66/100. Ada jufa interface SCSI hard disk, namun menurut salah satu sumber, ini sudah jarang dipakai.

Nah dari informasi di atas, semoga kita memiliki gambaran mengenai definisi hard disk. Saya pribadi membuka diskusi mengenai hard disk ini terutama karena beberapa informasi yang saya dapatkan ketika menyusun penjelasan definisi hard disk ini kurang reliable.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda
harddisk (383), definisi hardisk (228), pengertian hardisk (189), pengertian harddisk (155), hardisk adalah (114), hard disk (112), pengertian hard drive (89), pengertian hard disk (68), definisi harddisk (53), penjelasan hardisk (51)

Tags: debu hard disk, definisi hard disk, hard disk, hard drive, head hard disk, memori, pengertian hard disk, pengertian hard drive, platter disk, RAM

Comments are closed