Pengertian Download

Hari ini saya ingin berbagi informasi mengenai pengertian download atau arti download. Barangkali kita sudah sering mendengar kata-kata ini lewat radio, televisi atau papan-papan iklan. Misalnya saja iklan di televisi yang berbunyi seperti ini: silahkan ketik reg spasi bla-bla-bla, dan kirimkan ke 12345 maka anda bisa langsung mendownloadratusan games seru dst…

pengertian download

pengertian download

Atau perkataan dari teman kita yang berbunyi seperti ini: agar antivirus kita bisa menangani virus-virus baru, kita harus rutin mendownload update antivirus tersebut.

Bagi yang telah lama “berkecimpang-kecimpung” di dunia internet, mungkin tidak perlu lagi memahami apa arti download. Namun bagi anda yang penasaran dengan pengertian download, saya akan berbagi informasi yang saya rangkum dari berbagai sumber mengenai pengertian download atau definisi download ini.

Pertama, kita mungkin perlu memahami bahwa download adalah kata dalam bahasa inggris yang penggunaanya sudah begitu umum dalam bahasa Indonesia. Karena bisa saja ada orang yang mengira bahwa kata download sudah menjadi kata serapan (bukan sarapan lho ya :) ) seperti kata “OK” yang juga sudah umum digunakan dalam masyarakat kita.

Saya menggunakan metode sederhana untuk menentukan apakah sebuah kata sudah diserap dalam bahasa indonesia alias baku atau belum, dengan mengeceknya di kamus besar bahasa indonesia.

Dan ternyata kata download belum ada di KBBI, sehingga dengan percaya diri saya katakan: kita perlu mengecek kamus bahasa inggris untuk mengetahui arti download atau pengertian download. Dan perkenankanlah saya menyodorkan kamus Oxford sebagai rujukan kita untuk mengetahui pengertian download yang sedang kita bahas saat ini.

Di dalam kamus oxford kita bisa menemukan kata definisi download sebagai berikut ini:

to transfer data etc from a large storage system to a smaller one.

atau jika diterjemahkan secara kasar artinya adalah sebagai berikut ini:

memindahkan data dan sebagainya dari sistem penyimpanan besar ke dalam sistem yang lebih kecil.

Sebagai contoh adalah ketika kita mengupdate antivirus kita lewat internet, kita sebenarnya sedang memindahkan (mengcopy) data dari server antivirus tersebut ke dalam komputer kita. Nah disini yang berperan sebagai large storage system (atau sistem penyimpanan besar) adalah server antivirus dan yang berperan sebagai sistem yang lebih kecilnya adalah komputer kita.

Lawan dari kata download adalah upload. Di artikel lain kita akan membahas arti upload atau pengertian upload karena jika dibahas di sini tentu kurang relevan. Karena judulnya saja arti download atau pengertian download :) . Namun saya tetap berharap semoga artikel pengertian download atau arti download ini bermanfaat bagi anda.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda
pengertian download (1202), Arti download (388), pengertian unduh (303), definisi download (114), arti dari download (83), arti unduh (69), arti kata download (59), download artinya (44), apa arti download (43), arti mengunduh (36)

Tags: arti download, definisi download, definisi unduh, download, kata download, pengertian download, pengertian unduh, unduh

Comments are closed