Pengertian Browser

Pengertian Browser adalah sebuah software atau program yang digunakan untuk menjelajah internet dalam konteks komputer menurut saya. Menjelajah ini termasuk  melintasi, mengambil, dan menyajikan informasi di Internet atau World Wide Web. Informasi dari internet ini bisa merupakan sebuah halaman web, gambar, video, atau bagian lain dari konten website di internet. Jadi fungsi browser adalah untuk menampilkan informasi kepada pengguna internet.

pengertian browser

pengertian browser

Pengertian browser ini barangkali sejalan dengan arti browser itu sendiri. Browser barangkali berasal dari kata ‘browse’ yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia memiliki arti

  • melihat-lihat
  • makan rumput
  • makan tunas-tunas
  • membaca-baca
  • makan di sana-sini

dari beberapa arti browse diatas, yang relefan dengan pembahasan kita kali ini adalah ‘melihat-lihat’ dan ‘membaca-baca’. Sedangkan pengertian browser dari terjemahan diatas berarti alat yang digunakan untuk melihat-lihat atau alat yang digunakan untuk membaca-baca. Ini sejalan dengan pengertian browser yang sudah kita sebutkan di muka.

Dan untuk membatasi atau mempertegas pengertian browser, biasanya orang menyebutnya sebagai Web Browser atau Penjelajah web. Terkadang istilah Browser juga disebut dengan istilah peramban. Jadi jangan heran jika anda mendapati istilah peramban ketika menjelajah internet. Peramban dan browser memiliki pengertian yang sama.

Disadari atau tidak, ketika kita membuka internet dan membaca informasi di halaman-halaman website, kita telah menggunakan browser. Tanpa browser, barangkali kita tidak akan bisa masuk ke dunia internet. Ketika kita membaca tulisan ini di Mozilla Firefox atau Google Chrome, kita sebenarnya telah menggunakan browser. Karena Mozilla Firefox dan Google Chrome itu sendiri adalah beberapa contoh dari macam-macam browser atau jenis-jenis browser.

Istilah lainnya yang berhubungan dengan browser adalah Browsing. Pengertian browsing secara sederhana dalah aktivitas menggunakan browser. Jadi browsing adalah menjelajahi informasi yang ada di internet. Terkadang istilah browsing ini di sebut juga sebagai berselancar. Entah berlebihan atau tidak, namun ada yang menganggap bahwa browsing adalah seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari istilah dll. Namun menurut saya, browsing bukanlah seni. Browsing adalah browsing. Titik. Jadi Browsing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari informasi di dunia internet.

Macam-Macam Browser Internet

Saat ini ada berbagai macam jenis browser internet yang digunakan di dunia ini. Barangkali setiap macam browser memiliki pengguna fanatiknya sendiri-sendiri. Beberapa macam browser internet atau jenis-jenis browser yang saat ini umum digunakan antara lain sebagai berikut.

  •  Microsoft Internet Explorer.

Ini adalah salah satu browser internet yang sangat populer pada jaman dahulu. Pengguna Internet yang telah lama mengenal komputer pasti tahu dengan browser ini. Karena Browser ini merupakan bawaan dalam setiap penginstalan Sistem Operasi Windows jaman dulu. Namun karena berbagai kendala pada Internet Exploerer, pengguna browser bawaan microsoft ini mulai beralih ke browser yang lainnya.

  • Mozilla Firefox.

Pada saat artikel ini ditulis, Mozilla Firefox adalah web browser yang cukup populer digunakan oleh sebagian pengguna internet. Browser ini juga merupakan browser alternatif yang digunakan orang ketika meninggalkan Browser internet Explorer. Beberapa alasan yang saya himpun mengapa orang memilih Mozilla Firefox antara lain sebagai berikut;

Yang pertama Mozilla Firefox bersifat gratis. Anda bisa mengunduh atau melakukan download browser ini gratis tanpa dipungut biaya.

Yang kedua adalah browser Mozilla Firefox mulai memperkenalkan tab untuk membuka berbagai halaman internet. Penggunaan tab ini termasuk langkah yang revolusioner di bandingkan browser Internet explorer yang tidak menggunakan tab. Penggunaan tab ini membuat tampilan desktop komputer kita menjadi lebih bersih, karena halaman- halaman web atau website yang kita menjadi terkelompok dan tidak berserakan. Penggunaan tab pada Mozilla Firefox ini selanjutnya diadopsi pula oleh Internet Explorer pada versi terbarunya.

Yang ketiga adalah Mozilla Firefox mempunyai banyak plugin dan pengaya atau alat-alat tambahan yang bisa kita pasang. Dan sebagian besar pengaya tersebut adalah gratis. Yang ketiga adalah dukungan komunitas yang cukup besar. Dukungan komunitas yang besar ini sangat diperlukan karena jika kita mengalami masalah, kita bisa menemukan pemecahananya dengan mudah. Saat ini, anda bisa menemukan browser Mozilla Firefox ini di berbagai komputer publik misalnya di warnet-warnet.

  • Google Chrome. 

Sesuai dengan namanya Google Chrome adalah web browser yang dirancang oleh Google, perusahaan internet yang terkenal akan mesin pencarinya. Kesederhanaan dan kecepatan adalah kesan utama ketika kita menggunakan browser ini. Update otomatis dan teknologi yang canggih barangkali adaah kemudahan lainnya yang kita rasakan ketika menggunakan Google Chrome. Karena berbagai keunggulannya, browser ini juga menjadi browser yang memiliki pengguna yang cukup banyak.

  • Safari.

Safari adalah browser keluaran perusahaan Aplle. Bagi pengguna sistem operasi Mac, Safari adalah pilihan yang sangat cukup populer karena merupakan keluaran dari satu perusahaan yang sama. Dengan demikian, dari segi kompatibilitas, mungkin bisa diandalkan.

  • Opera.

Opera merupakan browser populer yang mudah digunakan. Namun dari pengalaman saya pribadi, browser ini memiliki beberapa masalah kompatibilitas dengan berbagai situs.

Demikian tadi pembahasan ringkas mengenai pengertian browser. Mudah-mudahan informasi mengenai pengertian browser tersebut bermanfaat untuk kita semua.

Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda
pengertian browser (5867), browser adalah (763), pengertian web browser (437), pengertian dan fungsi browser (415), pengertian browsing (405), definisi browser (384), arti browser (315), istilah browser (306), arti browsing (275), yhs-fullyhosted_003 (222)

Tags: browser, chrome, definisi browser, firefox, google, google chrome, internet explorer, mozilla, mozilla firefox, opera, pengertian, pengertian browser, pengertian chrome, pengertian firefox, pengertian google chrome, pengertian internet explorer, pengertian mozilla, pengertian mozilla firefox, pengertian opera, pengertian safari, peramban, safari

Comments are closed